Ilustrasi baja ringan

Pembuatan rangka kanopi dengan material dari produsen baja ringan pasti akan membutuhkan bahan lain sebagai proteksi. Baja ringan sendiri dikenal akan kelebihannya dapat instalasi yang cepat, anti rayap, bobot ringan, dan harga murah. Lalu, bahan seperti apa yang cocok dipasangkan untuk menghasilkan kanopi yang bagus dan fungsional?

Material kanopi pendamping baja ringan

Setidaknya ada empat jenis material atau bahan yang dapat dijadikan pasangan kerangka baja ringan, antara lain:

  1. uPVC

Unplasticized polyvinyl chloride atau uPVC merupakan material turunan plastik yang tingkat kelenturannya sudah diminalisasi. Alhasil bahan ini lebih kokoh apabila dibandingkan PVC biasa. Beberapa produsen yang menyediakan uPVC pun memakai formula spesial yang membuatnya mudah dibersihkan dan awet saat dijadikan sebagai kanopi.

  1. Polycarbonate

Selanjutnya ada polycarbonate adalah material yang patut dipertimbangkan karena sama-sama kuat seperti baja ringan. Kanopi atau atap berbahan polycarbonate juga tahan akan guncangan, sehingga cocok untuk dipasang di area rawan gempa. Bahkan keunggulan tersebut dinilai lebih baik dibandingkan kaca hingga diklaim 200 kali lebih kuat terhadap benturan.

  1. Fiber

Anda yang memerlukan opsi selain polycarbonate dapat membertimbangkan fiber sebagai bahan pendamping kerangka baja ringan. Material ini tergolong ringan, kuat, serta bening sehingga mampu memberikan kesan luas begitu dijadikan sebagai kanopi. Tingkat kerusakannya juga lebih rendah, terutama yang disebabkan bahan-bahan kimia berbahaya.

  1. PVC

Dengan harga tak kalah terjangkau, PVC jadi rekomendasi lain yang cocok dipasangkan dengan material yang Anda beli di pabrik baja ringan. Kelebihan yang ditawarkan bukan hanya pemasangan yang mudah. Beberapa produsen bahkan menyediakan PVC dengan warna beragam dan tahan terhadap paparan sinar UV.

Memilih material yang tepat untuk kerangka baja ringan

Bagaimana, apa Anda sudah menemukan material yang sesuai untuk mendampingi kanopi berkerangka baja ringan? Menilai dari kelebihan yang ditawarkan, fiber dan polycarbonate adalah bahan-bahan yang layak dipilih. Keduanya sama-sama bening yang tak akan menyerap panas serta memiliki transmisi cahaya yang bisa difungsikan untuk pencahayaan.

Meski demikian, polycarbonate lebih unggul karena range transmisi cahayanya lebih luas saat dibandingkan fiber. Adapun transmisi cahaya minimalnya adalah 4% dan maksimal 89%. Sementara fiber hanya memiliki transmisi cahaya minimal 36% dan maksimal 74%.

Adapun uPVC dan PVC yang juga layak digunakan sebagai bahan kanopi. Namun, Anda yang berencana memakai material berwarna perlu memperhitungkan efek cahaya yang dipantulkan saat terkena sinar matahari. Beberapa warna terang dan mencolok mata seperti kuning dan merah dapat memberikan kesan suhu panas maupun gerah.

Jika sudah memahami penjelasan ini, semoga Anda yang akan mampir ke pabrik baja ringan menemukan produk yang sesuai!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.